Sunday, January 8, 2012

1 Buku untuk Indonesia Membuka Jendela Maluku


Buku dan pendidikan adalah 2 wajah dalam 1 koin. Tak bisa terpisahkan satu sama lain dan saling mempengaruhi. Pendidikan membutuhkan buku sebagai sumber pengetahuan, sedangkan buku menjadi salah satu penunjang pendidikan yang wajib ada dalam proses belajar mengajar. Lain kata, buku adalah harga mati untuk kemajuan pendidikan.

Melihat hal itu, sebagai salah satu komunitas pemerhati pendidikan, komunitas 1 Buku untuk Indonesia tergugah untuk ikut berpastisipasi dalam memajukan pendidikan Indonesia. Sebagai komunitas yang masih bau kencur, 1 Buku untuk Indonesia yang lahir 11 november 2011 mengawali proyek pertamanya dengan mengumpulkan dan mendistribusikan buku anak – anak untuk perpustakaan SD YPPK Manusela dan SD Negeri Maraina di Maluku. Setelah melalui proses pengumpulan buku selama 2 bulan dan berhasil mengumpulkan buku sebanyak kurang lebih 1000 buku, peralatan sekolah dan sejumlah uang, Senin 9 januari 2012 buku-buku tersebut dikirimkan ke Maluku via Kapal Km. Gunung Dempo. Menurut jadwal, buku-buku yang diperkirakan seberat 200 kg itu akan sampai di pelabuhan Ambon pada tanggal 13 Januari. Letak Sekolah yang berada di kaki gunung Binaiya itu membuat perjalanan membutuhkan waktu 4 hari perjalanan kaki dengan medan hutan.

1 Buku untuk Indonesia adalah komunitas berbasis pendidikan yang memfokuskan diri pada pengumpulan dan pendistribusian buku untuk perpustakaan - perpustakaan di daerah yang masih terpencil. Harapanya, melalui 1 Buku untuk Indonesia semua siswa di seluruh penjuru Indonesia bisa mengakses informasi yang memadai, sehingga kualitas pendidikan Indonesia akan semakin membaik dan otomatis Sumber Daya Manusia dapat meningkat dan mampu bersaing di jaman global dan serba modern ini.  Jayalah, 1 Buku untuk Indonesia!!!




09/01/2012
08.23


No comments:

Post a Comment